Minggu, 04 Desember 2016

Bisnis Supplier Sayur dan Buah - Berkah Sayur


July 2014, tak terasa saya sudah semakin mengenali dan terbiasa dengan kehidupan di kota Surabaya. Semakin banyak peluang usaha yang saya lihat di kota ini.Pada awal ketika saya jatuh bangun di usaha kuliner warung, kali ini saya mencoba peruntungan di bisnis lain, saya memikirkan bisnis apa yang tidak terlalu berisiko besar dan tidak memerlukan banyak modal akan tetapi kelangsungannya bisa berjalan lama. Tentu saja jika saya mau kelangsungan bisnis itu berjalan lama, saya harus mempunyai konsumen tetap dan mengikatnya dalam kontrak kerja. 

Awalnya saya berfikir untuk menjadi distributor peralatan komputer, kemudian saya bisa men-sub kan itu ke perusahaan-perusahaan yang ada di Surabaya, jujur saja saya memang banyak paham mengenai masalah hardware komputer, karena dulu saat selagi kuliah saya sempat menjalani bisnis jasa komputer rakitan. Akan tetapi, niat menjadi distributor peralatan komputer itu saya urungkan, karena melihat perbandingan harga di Surabaya untuk peralatan komputer bisa di bilang mahal, jika saya harus mengambil ke Jakarta, pastinya akan memerlukan banyak waktu untuk kesana. Saya sadar hal itu tidaklah mungkin karena status pekerjaan saya .

Kemudian saya melihat peluang, kalau di Jawa Timur ini sangat erat dengan sektor pertanian dan perkebunan, kemudian terbukalah pemikiran saya untuk menjalankan bisnis supplier sayur dan buah kala itu. Target konsumen saya adalah restoran, hotel, cafe dan perusahaan F&B. Setelah mantap untuk menjalankan bisnis itu, kemudian saya pun mulai untuk membuat nama dan logo bagi usaha saya tersebut, akhirnya saya memutuskan nama yang saya pilih adalah "Berkah Sayur & Buah" . 

Untuk pemasaran, saya merencanakan untuk menggunakan media online, dengan asumsi para konsumen kebanyakan menggunakan fasilitas internet untuk mencari pemasok/vendornya. Kemudian saya-pun membuat sebuah blog untuk memasarkan berkah sayur yaitu suppliersayurbuahsurabaya.blogspot.com . Dengan fasilitas blog tersebut saya mulai memasarkan produk sayur & buah. Tiap hari saya update artikel dalam blog Berkah Sayur, dan menjalankan teknik SEO (search engine optimization) dengan harapan agar blog tersebut bisa cepat ter index di mesin pencarian google dan lainnya. Semua usaha tersebut saya lakukan sendiri di sela waktu luang saya dalam bekerja. Saya juga tidak lupa memasarkan ke dalam forum-forum jual beli, marketplace online dan pasar online lainnya.

Satu bulan berjalan, akhirnya usaha saya tersebut membuahkan hasil, saya mendapatkan klient pertama saya dari sebuah resto di Surabaya, Kala itu saya sudah mempunyai link dimana saya harus mengambil sayur dan buah dengan harga yang cukup miring., berkat blog yang saya buat, saya juga mendapatkan banyak link dari para petani dan tengkulak yang ada di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Dalam segi pengantaran barang dan operasional Berkah Sayur saya percayakan kepada rekan usaha saya untuk menjalankannya.

Seiring berjalannya waktu, banyak konsumen yang menghubungi saya untuk menjadi pemasok Sayur & Buah disana, sampai terkadang banyak konsumen yang tidak tertampung untuk menjalaninya. Banyak juga konsumen dari luar kota, pulau , hingga negara lain. Sampai saat ini, Berkah Sayur masih terus berjalan dibawah pengelolaan Berkah Ku, dan sudah mempunyai beberapa konsumen tetap seperti Yoshinoya Resto, Es Teler 77, Bakmi GM, Giant Ponorogo dan beberapa cafe yang ada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Pada intinya, dalam usaha apapun jika kita bersungguh-sungguh dan fokus menjalaninya semua pasti akan membuahkan hasil. Dengan pemasaran online, segmentasi pasar anda menjadi tidak terbatas, anda bisa mencakup ke seluruh dunia dalam mendapatkan pasar. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

Salam,

CEO Berkah Kulina Nusantara (Group)

Bisnis Supplier Sayur dan Buah - Berkah Sayur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Berkah Catering Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar