Jumat, 09 Desember 2016

Berkah Catering - Memulai Catering Prasmanan Pertama


Image Berkah Catering sebagai catering kotakan tidak terasa sudah berjalan selama tiga bulan, dengan hasil yang bisa di bilang memuaskan, karena dalam satu bulan setidaknya saya bisa mengerjakan proyek kotakan sedikitnya 100 kotak. Pesanan datang dari berbagai segementasi, mulai dari rumah tangga, mahasiswa, event sampai kantoran. Selain catering, usaha sayur saya pun tetap saya fokuskan, pada kala itu saya menjalani pesanan untuk kiriman luar kota dan beberapa restoran di Surabaya.
Tidak puas hanya sebagai catering kotakan kala itu, saya mencoba peruntungan lain dengan mengembagan bisnis catering saya untuk melayani catering prasmanan. Saya sangat sadar betul saya tidak memiliki pengetahuan apapun tentang catering prasmanan kala itu, kemudian niatan saya tidak tergoyahkan, saya mulai mencari artikel - artikel di internet tentang bisnis catering prasmanan, khususnya wedding. Setelah satu bulan berjalan saya mempelajari bisnis catering prasmanan, akhirnya saya memantapkan diri untuk memulainya.

Langka pertama yang saya lakukan adalah membuat paketan prasmanan, berasal dari berbagai referensi sumber akhirnya paketan prasmanan saya tercipta. Dahulu saya mengambil konsep bisnis catering prasmanan dengan strategi keunggulan "Low Price" atau harga yang murah, strategi tersebut saya ambil karna saya ingin mengambil pangsa pasar terlebih dahulu. Harga prasmanan yang saya tawarkan kala itu mulai dari harga 15ribu, konsumen sudah dapat menghidangkan makanan dengan konsep prasmanan. Tentu saja dengan harga tersebut bukanlah tanpa perhitungan terlebih dahulu, karena background saya dulu pernah bekerja di perusahaan F&B (food & beverage) maka saya tau betul berapa cost (HPP) yang dibutuhkan untuk membuat suatu makanan, saya pun menghitung cost dari setiap menu makanan dari paket prasmanan yang saya buat.

Setelah semua paket prasmanan lengkap, saya kemudian mulai mencari vendor untuk persewaan peralatan catering, karena jujur saja modal saya nol pada waktu itu dalam menjalankan bisnis catering prasmanan ini. Setelah menemukan vendor, sayapun mulai memasarkan bisnis catering prasmanan saya ke pasar online. Dengan menggunakan media website Berkah Catering saya memasukan navigasi menu untuk Catering Prasmanan dan saya memasukan jasa catering prasmanan saya ke market place lainnya, untuk area yang saya bidik kala itu adalah area Surabaya & Sidoarjo.

Beberapa minggu program catering prasmananan Berkah Catering Surabaya saya pasarkan, alhamdulillah saya mendapat respon pasar sangat baik, ada yang sekedar menanyakan catering prasmanan saya atau bermaksud memilih catering saya, akhirnya saya mendapatkan satu klient pertama kala itu. Pertama kali saya mendapatkan pesanan adalah untuk catering prasmanan untuk reuni SMA sebanyak 150 pax. Saya pun mulai menata project pertama saya. Saya memutuskan untuk terjun langsung ke lapangan untuk project pertama saya ini, dibantu dengan karyawan katering saya sebagai asisten.

Sepulangnya dari kerjaan saya, saya langsung menuju lokasi project pertama saya. Kemudian project pun berjalan dengan lancar, makanan yang dihidangkan juga habis tidak tersisa, walaupun lelah rasanya, tapi kesuksesan acara membuat rasa lelah tersebut terbayar. Selepasnya acara tersebut, saya mulai intropreksi dari kekurangan kekurangan project sebelumnya, kekurangan yang revisi adalah perlunya untuk menambah pasukan dalam acara. Waktu demi waktu terus berjalan, intropeksi dari project sebelumnya kemudian saya rapih kan, sehingga di acara kedua masalah tersebut bisa diatasi, saya dan tim semakin terbiasa untuk menjalankan project catering prasmanan.

Pada tahun 2015 berkah catering mulai menerima project prasmanan untuk pernikahan, dengan semakin bertambahnya project, kemudian saya juga menambah pasukan untuk berkah catering prasmanan. Kunci saya dalam menjalankan bisnis ini adalah dengan fokus dan visioner, karena saya percaya dengan kedua kunci tersebut dapat membuat setiap bisnis kita berjalan maju dan berkembang.


Berkah Catering - Memulai Catering Prasmanan Pertama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Berkah Catering Nusantara

1 komentar:

  1. Wah usaha cathering memang sangat menjanjikan seoertinya. Karena target pemasaran dari usaha ini sangat bagus sekali

    BalasHapus