Selasa, 29 November 2016

Kuliah Pasca Sarjana Sambil Bekerja


Pada tahun 2013, saya mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi saya ke jenjang berikutnya yaitu strata-2 . Pada kala itu saya yang masih bekerja di PT. Mount Scopus Indonesia mencoba peruntungan saya untuk kuliah sambil bekerja, mungkin itu bukanlah hal yang mudah untuk dikerjakan karna saya harus membagi waktu saya untuk fokus pada pekerjaan dan menjalankan kuliah saya. Kala itu jurusan yang saya ambil adalah "Magister Management", dengan mengikuti kuliah kelas karyawan.

Alhamdulillah perusahaan saya mendukung kuliah saya, saya pun diberikan waktu untuk pulang lebih awal dan menjalani kuliah saya di malam hari. Dalam dunia perkuliahan saya rata-rata adalah karyawan yang sudah berumur yang melanjutkan kuliahnya ke jenjang S-2, hal ini tentu berbeda sekali dengan lingkungan saya pada saat menjalani kuliah dulu, yang rata-rata saya memiliki teman yang seumuran dengan saya.

Akan tetapi, itu bukanlah menjadi suatu masalah besar buat saya.. karena yang terpenting saya harus bisa menyelesaikan kuliah saya dan fokus untuk mengembangkan diri. Kuliah sambil bekerja, ternyata memanglah sulit untuk dilakukan, terlebih karena profesi saya sebagai akuntan, pada akhir bulan saya sering sekali izin tidak masuk kuliah untuk melakukan clossing akhir bulanan. Tetap fokus adalah kunci yang saya pegang untuk bisa menghandel keduanya secara bersamaan.

Selama menjalani perkuliahan, saya selalu mencoba untuk duduk di barisan paling depan, agar saya bisa fokus mendengarkan apa yang dosen bicarakan. Akhirnya seiring berjalannya waktu, saya mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan saya, dan bisa membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah saya. Disini satu yang saya mau share kepada pembaca, pekerjaan atau kegiatan seberat apapun akan terasa lebih ringan jika kita sudah terbiasa mengerjakannya, dan bisa fokus menjalaninya.

Salam,

Kuliah Pasca Sarjana Sambil Bekerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Berkah Catering Nusantara

1 komentar:

  1. Sungguh beruntung orang-orang yang mau berusaha untuk tetap kuliah sambil bekerja. Saya ingin sekali melanjutkan studi kuliah. InsyaaAllah.. Terimakasih banyak atas informasinya

    BalasHapus